Bagaimana Cara Menghemat Energi di Kantor?

Menghemat energi saat ini bukan hanya mengenai kesadaran untuk lebih ramah lingkungan, tetapi juga penghematan anggaran yang bisa menekan pengeluaran kantor yang cukup besar. Banyak kantor yang sudah memutuskan untuk mengganti beberapa alat elektronik dan penerangan mereka dengan peralatan yang lebih hemat energi, tetapi hasilnya belum cukup maksimal. Bagaimana cara untuk memaksimalkan penghematan energy di kantor?

  • Rundingkan Bersama

Karena dalam satu kantor ada banyak rekan kerja, maka jika kita memerluka dukungan seluruh rekan kerja agar pengematan energi bisa maksimal. Jika kita menginginkan penghematan energi yang maksimal, maka kesepakatan untuk menghemat energi bisa dilakukan. Akan lebih baik dan menyenangkan jika setiap orang memiliki catatan kontribusinya dalam penghematan energi dan perusahaan akan memberi penghargaan atas kontribusinya.

  • Audit Penggunaan Energi

Kita tidak akan bisa menghemat energi sebelum mengetahui catatan pengeluaran energi di perusahaan kita. Karena itu, audit sangat diperlukan agar kita bisa mengetahui titik dimana kita memulai penghematan, target kita dan apa yang terlah kita capai. Dengan pencatatan yang akurat, kita akan dapat merencanakan dan memaksimalkan penghematan energi di kantor.

  • Ganti Perangkat Listrik

Mengganti perangkat listrik yang kita gunakan adalah salah satu hal yang harus kita lakukan jika kita ingin melakukan penghematan energi. Dipasaran, kita bisa mendapatkan berbagai produk yang lebih ramah lingkungan dan hemat energi mulai dari produk penerangan sampai perangkat elektronik seperti kulkas, TV, AC dan lain sebagainya. Jika kita mempunyai komitmen yang tinggi pada penghematan energi, maka kita bisa menggunakan tenaga surya sebagai pengganti listrik dengan menggunakan panel surya (solar panel).

  • Ubah Kebiasaan Kita

Selain mengganti perangkat elektronik, satu hal yang harus kita lakukan adalah mengganti kebiasaan pemakaian listrik kita. Hal-hal sederhana bisa memberikan banyak kontribusi seperti mematikan lampu kamar mandi jika tidak digunakan, mematikan AC jika udara tidak terlalu panas, mematikan dispenser dan laptop jika sudah tidak digunakan dan lain sebagainya.

Bookmark the permalink.

Comments are closed.